EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

NURFAJRIANTI, NURFAJRIANTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Nurfarianti.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII semester 2 di SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2012/2013 dengan melihat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung tipe ceramah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pre-test dan post-test group design. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing sebesar 60,5 dan 83,93, nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol masing-masing sebesar 60,2 dan 72,39. Hasil uji t diperoleh t hitung 5,7129 lebih besar dari t tabel 2,021 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dengan hasil belajar biologi yang menggunakan metode ceramah yakni hasil belajar biologi yang menggunakan metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) lebih baik dari hasil belajar biologi yang menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran TSTS, Hasil Belajar, Ciri-Ciri Mahluk Hidup
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:35
Last Modified: 25 Oct 2018 02:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9171

Actions (login required)

View Item View Item