LOVIASWARI, BAIQ VIONA SENJA (2014) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI IPA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI KELAS IX SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL Baiq Viona Senja Loviaswari.pdf Download (484kB) | Preview |
Abstract
Hasil ulangan harian siswa pada materi pewarisan sifat SMPN 13 Mataram tergolong rendah (tidak tuntas) yang menujukan siswa mengalami kesulitan belajar. Penetilian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesuitan belajar dan faktor kesulitan belajar siswa. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C tahun ajaran 2015/2016. Istrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dan angket kesulitan belajar. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa siswa kelas IX B dan IX C mengalami kesulitan belajar pada materi pewarisan sifat yang ditunjukan dengan ketuntasan 2,53% dari hasil tes objektif. Siswa memiliki kategori kesulitan belajar sangat tinggi mendominasi yaitu sebesar 44,30% siswa. Analisis kategori faktor kesulitan belajar pada faktor internal meliputi indikator minat, motivasi, perhatian dan kebiasaan belajar siswa, serta faktor eksternal meliputi indikator metode dan sumber belajar termasuk dalam kategori rendah sebagai faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi pewarisan sifat. Faktor eksternal yaitu indikator kondisi belajar termasuk dalam kategori cukup dalam mempengaruhi kesulitan belajar. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi pewarisan sifat cukup dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu indikat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kesulitan Belajar, Materi Pewarisan Sifat |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 02:59 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 02:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9219 |
Actions (login required)
View Item |