Rabiatussa’adah1, Puji (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMAN 1 KERUAK THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAMS. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL OLEH PUJI RABIATUSSA'ADAH_ E1A010009.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Posttest only control design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2014. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Keruak sebanyak tiga kelas. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 2 kelas sampel yaitu X MIA 2 dengan 32 siswa dan X MIA 3 dengan 32 siswa. Analisis data, diperoleh skor rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 72 dengan kriteria ”aktif” dan untuk kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 66 dengan kriteria ” cukup aktif”. Data selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t Polled Varians dengan taraf signifikan 5%, data hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi (69) dari kelas kontrol (52). Uji hipotesis mengenai hasil belajar diperoleh thitung sebesar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | STAD, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 02:58 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 02:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9224 |
Actions (login required)
View Item |