PEMANFAATAN TERARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs.N 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2012-2013

Irawan1, Heri (2014) PEMANFAATAN TERARIUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII MTs.N 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Heri Irawan.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran yang relevan pada suatu metode pembelajaran tertentu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terarium merupakan media pembelajaran relevan yang dapat dimanfaatkan pada materi pembelajaran ekosistem. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang belajar dengan memanfaatkan media terarium dengan siswa yang belajar tanpa memanfaatkan media terarium. Jenis Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pre test and Post Test Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs.N 1 Mataram yang berjumlah 308 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Sampel penelitian berjumlah 66 siswa dengan kelas VII3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test untuk mengetahui pengetahuan awal siswa dan diberikan post-test setelah diberi perlakuan berupa penerapan media terarium untuk kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing sebesar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media, terarium, hasil belajar kognitif
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:58
Last Modified: 07 Nov 2018 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9226

Actions (login required)

View Item View Item