PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015

R O HMA N I, MA L I K A (2014) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI MALIKA ROHMANI.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment (eksperimen semu) dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan siswa pada mata pelajaran biologi. Desain penelitiannya menggunakan pretest-postest group design tanpa kelas kontrol. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 1 Sakra dari pengaruh model pembelajaran time token dengan model discovery learning terhadap berpikir kritis bulan Maret sampai April 2015. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI-Sains tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan dengan cara sampling jenuh dan diperoleh kelas XI Sains-1 sebagai kelas eksperimen 1 diajarkan menggunakan model time token dan XI Sains-2 sebagai kelas eksperimen 2 diajarkan menggunakan model discovery learning. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah tes essay. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program data analysis Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis menunjukan bahwa setelah dilakukan uji

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Time Token, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 Nov 2018 02:38
Last Modified: 03 Nov 2018 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9243

Actions (login required)

View Item View Item