EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015

Hidayat, Taufik (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Taufik Hidayat.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana menguasai fakta - fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan, sehingga peran media sebagai alat bantu belajar sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang konkret pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Teka – Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 Narmada Tahun Ajaran 2014/2015 . J enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir ( Pre - test and Post - test Group Design ). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Narmada. Pengambilan sampel dil akukan dengan teknik simple random sampling dan yang terpilih adalah VIIe sebagai kelas kontrol dan VIIf sebagai kelas eksperimen. Kelas VIIf sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media teka - teki silangdan kelas VIIe sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan media teka - teki silang . Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Hasil análisis ni lai rata - rata pre - test pada kelas kontrol adalah 47 .87 dan post - test adalah 56.72 ,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media teka - teki silang, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:47
Last Modified: 02 Nov 2018 08:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item