PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERD HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

MUJADILLAH, INVITAR (2018) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERD HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 27 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal ita.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan di sekolah dasar. Bahasa marupakan sistem lambang bunyi yang dihasilkan dari alat ucap (melalui kesan perkatan). Bahasa sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran selain itu, bahasa juga merupakan percakapan atau alat komunikasi dengan sesama manusia. hal ini yang merupakan salah satu sebab mengapa bahasa indonesia harus diajarkan pada semua jenjang pendidikan, terutama di Sekolah Dasar karena dasar dari semua pelajaran. Berbicara merupakan suatu keterampilan, dan keterampilan tidak akan berkembang kalau tidak dilatih secara terus menerus, kompetensi yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran bahasa indonesia pada aspek berbicara yaitu siswa harus terampil dalam berbicara melafalkan intonasi dengan tepat dan mampu menyampaikan pesan yang diterima. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas IV kemampuan berbicara siswa kelas IV yaitu 65% memiliki kesulitan dalam hal keterampilan berbicara, dari hasil belajar bahasa Indonesia diketahui bahwa jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas ≥70 berjumlah 14 orang siswa dan yang tidak tuntas 32 orang siswa dengan kentutasan minimal (KKM) bagi setiap siswa adalah 70, hal ini disebabkan adanya rasa takut salah dan malu dan ketergantungan pada salah seorang ,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Oct 2018 01:21
Last Modified: 27 Oct 2018 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9320

Actions (login required)

View Item View Item