NILAI - NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL BURLIAN KARYA TERE LIYE

ZAM - ZAMI, MARFU’AH (2014) NILAI - NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL BURLIAN KARYA TERE LIYE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (664kB)

Abstract

Latar belakang penulis m engangkat penelitian ini karena dalam novel Burlian karya Tere Liye banyak mengandung nilai pendidikan moral dan menarik perhatian baik dari kalangan anak - anak, remaja, dewasa maupun orang tua . Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan kejelasan informasi atau mendeskripsikan nilai pendidikan moral dalam novel Burlian karya Tere Liye berdasarkan : (1) hubungan manusia dengan Tuhan, (2) hubungan manusia dengan diri sendiri, (3) hubungan manusia dengan manusia l a i n dalam lingkup sosial, dan (4) hubungan manusia dengan l ingkungan alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang diguna kan dalam penelitian ini yaitu: metode; (1) stud i pustaka, (2) obsrvasi, dan (3) catat. Kemudian dalam menganalisis datanya menggunakan pendekatan pragmatik. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat diketahui nilai pendidikan moral dalam novel Burlian karya Tere Liye antara lain sebagai berikut; (1) Nilai pendidikan moral dalam novel Burlian berdasarkan hubungan manusia dengan Tuhan , meliputi; nilai pendidikan moral ke taat an , nilai pendidikan moral ke optimis an , nilai pendidikan moral ke tawakal an , dan nilai pendidikan m oral ke qana’ah an . (2) Nilai pendidikan moral dalam novel Burlian berdasarkan hubungan manusia dengan diri sendiri , meliputi: nilai pendidikan mor

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): novel, nilai pendidikan moral
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:55
Last Modified: 02 Nov 2018 03:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9436

Actions (login required)

View Item View Item