MAKNA AFEKTIF PADA TEKS BRAND IKLAN PRODUK KECANTIKAN UNILEVER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS DI SMA

NISA’ R, NURUN (2014) MAKNA AFEKTIF PADA TEKS BRAND IKLAN PRODUK KECANTIKAN UNILEVER DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi 011.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan iklan yang memiliki fungsi direktif karena wacana yang digunakan berupaya membujuk dan meyakinkan khalayak serta mengandung makna afektif. Makna afektif merupakan makna yang muncul akibat reaksi pendengar atau pembaca terhadap penggunaan kata atau kalimat. Reaksi yang muncul tersebut memberikan dampak terhadap fenomena masyarakat yang konsumerisme. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang besar terhadap keberdaan teks brand yang dikemas dalam sebuah iklan. Pembelajaran berbasis teks dilaksanakan dengan menerapkan prinsip bahwa (1) bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata; (2) penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasaan untuk mengungkapkan makna; (3) bahasa bersifat fungsional (tidak dapat dilepaskan dari konteks); dan (4) bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia. Penelitian ini bertujuan; Mendeskripsikan bentuk-bentuk iklan produk kecantikan unilever; Mendeskripsikan makna iklan produk kecantikan unilever; dan Mendeskripsikan kaitan bentuk makna afektif pada iklan terhadap pembelajaran teks di SMA. Penelitian ini termasuk penelitian dskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan metode dokumentasi dengan analisis data melalui empat tahapan, yakni klasifikasi data, reduksi data, tahap analisis, dan tahap deskripsi. Penyajian hasil analisis data dengan meode informal, yakni menyajikan data berupa teks atau kata-kata dan gambar. Reaksi yang muncul berupa reaksi pendengar/pembaca untuk menggunakan produk. Kata Kunci: Iklan, Makna Afektif, Pembelajaran Teks

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Iklan, Makna Afektif, Pembelajaran Teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 Nov 2018 02:32
Last Modified: 03 Nov 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9493

Actions (login required)

View Item View Item