PENGARUH PEMBERIAN POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 8 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Faramida, Gina (2018) PENGARUH PEMBERIAN POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 8 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian positive reinforcement terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilatarbelakangi guru jarang memberikan penguatan positif sehingga siswa kurang termotivasi untuk aktif dalam proses pembelajaran. Desain dalam penelitian ini yaitu jenis True Eksperimental Design tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V di SDN 8 Cakranegara yang berjumlah 42 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah tehnik sampel jenuh dimana kelas VA sebagai kelas (eksperimen) dan kelas VB sebagai kelas (kontrol) yang berjumlah 42 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t (t-test) Separated Varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 3,981 > 1,684 yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 8 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Perbedaan sebesar 11,9 (78,33-67,14). Berdasarkan peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 8 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018 yang ditandai dengan rata-rata <g> kelas eksperimen sebesar 0,482 kategori sedang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,349 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian positive reinforcement terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 8 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Positive Reinforcement, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:42
Last Modified: 15 Nov 2018 00:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9583

Actions (login required)

View Item View Item