PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

YASMIN, NUR (2014) PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I - VI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)

Abstract

Melalui proses inkuiri dan belajar dengan melakukan (learning by doing), peserta didik dapat melatih keterampilan proses sains mereka sekaligus memperoleh pembelajaran yang bermakna. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa belajar dengan melakukan (learning by doing) dan melalui proses inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, termasuk hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil observasi peneliti di sekolah, diketahui bahwa pembelajaran Biologi masih menekankan pada pembelajaran yang sifatnya konseptual, teoritis dan hafalan melalui buku serta masih berpusat pada guru (teacher-centered). Peserta didik tidak dibiasakan melakukan inkuiri ilmiah melalui eksperimen dan melatih keterampilan proses sains mereka. Akibatnya, hasil belajar mereka belum mencapai hasil yang memuaskan. Metode inkuiri terbimbing diharapkan dapat mengatasi permasalahan ini. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar Biologi peserta didik. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPN 3 Gunungsari dari bulan Januari sampai Maret 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2013/2014 yang terbagi dalam 5 kelas, kelas VIII A – kelas VIII E. Sampel ditentukan melalui teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains dan hasil belajar Biologi adalah tes pilihan ganda yang sudah valid. Data berupa nilai hasil belajar dan keterampilan proses sains dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar Biologi dan keterampilan proses sains yang signifikan pada kedua kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang sama baiknya dengan metode ceramah bervariasi dan praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:35
Last Modified: 15 Nov 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9642

Actions (login required)

View Item View Item