PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 GEGERUNG LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Farwati, Ida (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 1 GEGERUNG LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDA FARWATI (BURNING).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitin ini dilatarbelakangi oleh Masalah rendahnya hasil belajarIPSsiswa kelas V SDN 1 Gegerung. Hasil belajar IPS masih belum sesuai dengan apa yang di harapkan kondisi ini masih terlihat masih banyak siswa yang belum memenuhi keterima minimal pada mata pelajaran IPS 75. dengan persentase ketuntasan siswasebesar33,33% dari 20 orang siswa. Masalah ini terjadi karna pembelajaran masih berpusat pada guru, guru biasanya menggunakan metode cermah,Tanya jawab dan guru jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanhasil belajar IPSsiswakelas V SDNegeri1Gegerung melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Time Token. Model penelitian ini menggunakan PenelitianTindakan Kelas (PTK)dengan tahapan setiap siklus, yaitu:perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar panduan observasi guru dan siswa dan soal tes . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Cooperative Learning TipeTime Tokendapat meningkatkanhasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Gegerung Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar pada siklus II menjadi terjadi peningkatan sebesar. Tingkat kentuntasan pada siklus I sebesar 72% dimana dari 18 Siswa yang mengikuti tes terdapat 12 orang siswa yang tuntas dan 6 orang siswa yang belum tuntas pada siklus II menjadi ,80% dari 20 orang siswa yang mengikuti tes terdapat 17 orang siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang belum tuntas. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Cooperative learning Tipe Time Tokenda[at meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Gegeerung Lingsar Tahun Ajaran 2017/208.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning,TipeTime Token, hasil belajar,IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Oct 2017 01:13
Last Modified: 09 Oct 2017 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item