PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TKP (TEBAK KATA DENGAN PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 DASAN LEPAK TAHUN AJARAN 2013/2014

Adekayanti, Niki Ite (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TKP (TEBAK KATA DENGAN PUZZLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 3 DASAN LEPAK TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI NIKI ITE ADEKAYANTI.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang dilakukan di kelas IV SDN 3 Lepak. Terdapat berbagai masalah khususnya pada mata pelajaran IPS. Beberapa masalah yang ditemukan di antaranya hasil belajar siswa tidak dapat mencapai standar KKM di sekolah yaitu 60. Menurut hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelas IV SDN 3 Lepak, hal itu terjadi karena mata pelajaran IPS dianggap sulit dan kompleks. Selain itu, proses pembelajaran yang diterapkan guru didominasi dengan metode ceramah yang konvensional atau hanya menggunakan metode diskusi dan tanya jawab searah. Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang tidak optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran TKP (Tebak Kata dengan Puzzle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Lepak? Sedangkan tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas IV SDN 3 Lepak dengan menggunakan model pembelajaran TKP. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): (Tebak Kata dengan PuzzIe
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:27
Last Modified: 15 Nov 2018 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9857

Actions (login required)

View Item View Item