MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIMBAR REAKSI BERANTAI SISWA KELAS V SDN 20 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TAMAN, ANISAQ SRI (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIMBAR REAKSI BERANTAI SISWA KELAS V SDN 20 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Indones ia disebabkan karena keterampilan menulis siswa di kelas V masih kurang.Dikarenakan karena guru tidak mampu memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat dan benar sesuai dengan standar KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu: 70 dan ketuntasan kl asikalnya 75%.Berdasarkan standar terdapat 28 siswa yang tuntas dan 19 siswa yang belum tuntas dari 47 orang siswa.Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan metode Mimbar Reaksi Berantai. Untuk itu diperlukan metode yang tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas.Metode penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus,yang dimana nilai yang diperoleh persiklus adalah sebagai berikut:Untuk siklus I hasil evaluasi dipeoleh nilai sebesar 69,3 dengan persentaese ketuntas an klasikalnya diperoleh nilai sebesar; 59,5. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai yaitu; hasil evaluasi diperoleh nilai sebesar 76,8,dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 75,5% hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa sudah meni ngkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan menulis dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Mimbar R

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Menulis,Meto de Mimbar Reaksi Berantai,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:27
Last Modified: 15 Nov 2018 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item