Lestari, Denda Puspita (2017) TEKS VISI MISI SEKOLAH SMA NEGERI SE-KABUPATEN LOMBOK UTARA: KAJIAN LINGUISTIK FUNGSIONAL SISTEMIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. S2 thesis, Universitas Mataram.
Text
tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah system transitivitas, konteks social yang terdapat pada teks visi misi sekolah serta mendeskripsikan relevansi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, teknik catat dan teknik wawancara. Kemudian metode analisis data menggunakan metode pengkodean dan penomoran data, memilih dan memilah klausa, penganalisisan konteks social, penganalisisan relevansi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan proses yang dominan pada teks visi misi sekolah adalah proses material sebanyak 42 (38,6 %). Adapun penggunaan partisipan pada teks visi misi sekolah terdapat partisipan I sebanyak 12 atau 31,6 % yang didominasi oleh pelaku, partisipan II sebanyak 41 atau 42,3 % yang didominasi penggunaan partisipan gol. Selanjutnya penggunaan sirkumstan pada teks visi misi sekolah didominasi sirkumstan lingkungan sebanyak 43 atau 39,5 %. Selanjutnya konteks social yaitu menggunakan genre deskripsi. Kemudian relevansi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan sandingan atau referensi dalam menganalisis teks tulis terutama dalam menganalisis system transitivitas dan konteks social menggunakan teori LFS.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Linguistik Fungsional sistemik (LFS), Teks, Visi Misi, dan Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 14:13 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 14:13 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/988 |
Actions (login required)
View Item |