MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) SISWA KELAS IV A SDN 1 PERESAK KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016

ARPIAN, FATHUL RIZAL (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) SISWA KELAS IV A SDN 1 PERESAK KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNALSKRIPSI.docx

Download (703kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan menin gkatkan hasil belajar IPS materi keberagaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan m enggunakan metode Index Card Match (mencari pasang kartu) pada siswa kelas I V A SDN 1 P eresak Tahun A jaran 2 01 5 /201 6 . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Skor aktivitas gur u siklus I adalah 50 kategori Baik dan Skor aktivitas gur u siklus II adalah 52 kategori Baik. Skor aktivitas siswa siklus I adalah 54 kategori Cukup Aktif dan Skor aktivitas siswa siklus II adalah 64 kategori Aktif . Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan n ilai rata - rata berturut - turut 73,18 dan 80,6 8 dengan ketuntasan klasikal 72,72 % dan 8 6 ,3 6 %. Dengan memperhatikan hasil dan indikator keberhasilan yang tercapai, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode Index Card Match (mencari pa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 13 Nov 2018 04:27
Last Modified: 13 Nov 2018 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9923

Actions (login required)

View Item View Item