AINIYATI, SANTIKA (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
.E1E 212 214.pdf Download (552kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran model Problem Posing Learning (PPL) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 37 Cakranegara . Metode penelitian yang d igunakan adalah Pre - Experimental Design ( nondesigns ) dengan bentuk one - group pretest - posttest design , yaitu hanya menggunakan satu kelompok atau kelas tanpa adanya pembanding dalam mengujicobakan suatu variabel . Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 37 Cakranegara, yang ber jumlah 25 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes objektif untuk memperoleh hasil belajar siswa. Instrumen peneliti an yang digunakan adalah t es objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan diuji hipotesis menggunakan uji t - satu sampel. H asil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,755 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan 9
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem Posing Learning , Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:22 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 00:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9929 |
Actions (login required)
View Item |