EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AINIYATI, SANTIKA (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
.E1E 212 214.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran model Problem Posing Learning (PPL) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 37 Cakranegara . Metode penelitian yang d igunakan adalah Pre - Experimental Design ( nondesigns ) dengan bentuk one - group pretest - posttest design , yaitu hanya menggunakan satu kelompok atau kelas tanpa adanya pembanding dalam mengujicobakan suatu variabel . Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 37 Cakranegara, yang ber jumlah 25 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes objektif untuk memperoleh hasil belajar siswa. Instrumen peneliti an yang digunakan adalah t es objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan diuji hipotesis menggunakan uji t - satu sampel. H asil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,755 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan 9

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Posing Learning , Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:22
Last Modified: 15 Nov 2018 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9929

Actions (login required)

View Item View Item