PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 KURIPAN SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016

SURIANl, SURIAN (2016) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 KURIPAN SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 011 072.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Kuripan Selatan pada mata pelajaran IPA belum optimal. Dengan standar KKM yaitu 65 dapat diketahui banyaknya jumah siswa yang tuntas adalah 12 orang, dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 42,9%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Kuripan Selatan tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari penguasaan siswa terhadap materi “struktur dan fungsi bagian - bagian tumbuhan” yang mengalami peningkatan pada setiap siklus nya. Jumlah siswa yang mengikuti tes adalah 28 orang siswa. Jumlah total nilai evaluasi hasil belajar IPA siswa pada siklus I adalah 1760 dengan nilai rata - rata 62,8571. Standar KKM adalah 65 dapat diketahui banyak siswa yang tuntas belajar adalah 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 64,28%. Pada siklus II jumlah sisw

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): M etode diskusi, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:21
Last Modified: 15 Nov 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9945

Actions (login required)

View Item View Item