PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 BATU MEKAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SISWATI, BENI (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CROSSWORD PUZZLE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 2 BATU MEKAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 032.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Batu Mekar khususnya pada pelajaran IPA. Dimana interaksi siswa dengan guru kurang aktif, hal tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan variasi dan inovasi dalam pelajaran. Hal itu didukung oleh guru yang selalu mengulang metode ataupun strategi yang sudah jenuh bagi siswa . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu penge t ahuan alam dengan menggunakan strate gi pembelajaran tipe crossword puzzle (teka - teki silang). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu nilai rata - rata siswa pada siklus I adalah 67,68 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64 %. Sedangkan pa da siklus II siswa yang tuntas atau telah mencapai KKM, yaitu sebanyak 22 orang dengan nilai rata - rata 78,08 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88%, maka dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran tipe crossword puzzle (teka - teki silang) sangat efektif digunaka, karena dapat meningkat

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Crossword Puzzle (Teka - Teki Silang), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:32
Last Modified: 14 Nov 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9965

Actions (login required)

View Item View Item