PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 48 AMPENAN TAHUN AJARAN 2015/2016

NOPITASARAH, DINY (2016) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 48 AMPENAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 053.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan masih dominannya penerapan metode pembelajaran yang konvensional oleh guru, seperti ceramah dan pemberian tugas sehingg a kurang variatif dan cenderung membosankan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 48 Ampenan Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode outdoor study . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan ke las yang dilaksanakan dalam dua siklus yang etrdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 48 Ampenan yang berjumlah 21 orang siswa, terdiri dari 10 orang laki - l aki dan 11 orang perempuan. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar menggunakan soal evaluasi. Aktivitas guru diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, dan aktivitas belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas s iswa. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata dan jumlah skor aktivitas dalam dua siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata - rata siswa diperoleh 72 dengan ketuntasan klasikal 68,42%, jumlah skor aktivitas guru sebesar 18 dengan kategor i baik, sedangkan jumlah skor aktivitas siswa sebes

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar IPA, Metode Outdoor Study
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:31
Last Modified: 14 Nov 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9967

Actions (login required)

View Item View Item