KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016

SARI, LUHITA PUSPITA (2016) KONTRIBUSI METODE CERAMAH BERVARIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 117.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kontribusi pemanfaatan metode ceramah bervariasi terhadap minat belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 50 orang siswa pad a kelas V SDN gugus V Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara yang diambil secara random sampling pada populasi sebesar 89 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi positif sebesar 0,376 pada taraf signifikansi 5% (analisis product moment r hitung = 0,376 > r tabel = 0,279 ts 5%) antara pemanfaatan metode ceramah bervariasi terhadap minat belajar siswa dan diperoleh kontribusi sebesar 14,1%. Sesuai hasil instrumen metode ceramah bervariasi menunjukkan 82% termasuk baik dan 18% termasuk kurang baik. Di pihak lain hasil instrumen minat belajar siswa menunjukkan 44% minat belajar siswa termasuk tinggi dan 56% minat belajar siswa rendah. Dapat disimpulkan bahwa metode ceramah bervariasi berkontribusi terhadap minat belajar siswa kelas V SDN gugus V Kecamata n Tanjung Kabupaten Lombok Utara Tahun 2016 sebesar 14,1%. Minat belajar siswa disu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Ceramah Bervariasi, Minat Belajar Sisw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:30
Last Modified: 14 Nov 2018 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9986

Actions (login required)

View Item View Item