RENTABILITAS USAHA BUDIDAYA IKAN NILA DAN PEMASARAN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

UTARI, DYAH NINDYA (2018) RENTABILITAS USAHA BUDIDAYA IKAN NILA DAN PEMASARAN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH DYAH NINDYA UTARI (C1G 013 065).docx

Download (188kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengidentifikasi biaya dan pendapatan usaha budidaya ikan nila di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat.(2) Untuk mengetahui rentabilitas modal usaha budidaya ikan nila di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. (3) Untuk mengetahui saluran pemasaran ikan nila di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah petani ikan nila di Kecamatan Lingsar dan lembaga pemasaran yang turut dalam pemasaran ikan nila dari produsen hingga konsumen akhir. Daerah penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, yaitu: Desa Gontoran, Desa Sigerongan, Desa Duman dan Desa Batu Kumbung diKecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penentuan jumlah responden ditetapkan secara proportional sampling dan penentuan responden untuk lembaga pemasaran dilakukan secara snowball sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, dan sumber data adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata biaya produksi ikan nila sebesar Rp 35.662.633/LLG, rata-rata penerimaan ikan nila sebesar Rp 43.429.166/LLG, dan rata-rata keuntungan usaha ikan nila sebesar Rp 8.569.301/LLG, rata-rata luas kolam ikan nila sebesar 455 m2 dengan nilai R/C sebesar 1,27. (2) Rentabilitas usahatani budidaya ikan nila sebesar 27 %, artinya setiap Rp.100 modal yang dikeluarkan untuk satu kali proses produksi usahatani ikan nila maka keuntungan yang dihasilkan sebesar Rp 27. (3) Terdapat dua pola saluran pemasaran ikan nila di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yaitu: 1) Saluran pemasaran I (Petani - Pedagang Pengecer (PPc) – Konsumen akhir) sebanyak 66,66%. 2) Saluran pemasaran II (Petani – Pedagang Pengumpul Desa (PPDs) – Pedagang Pengecer (PPc) – Konsumen Akhir ) sebanyak 33,33%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rentabilitas, Pemasaran, Ikan Nila.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:44
Last Modified: 30 Nov 2018 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10783

Actions (login required)

View Item View Item