ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA 5 SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

NI MADE, TARA SAVITRI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA 5 SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI MADE TARA SAVITRI (E1R015043).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tetulis saat menyelesaikan soal Trigonometri berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa kelas XI MIA 5 SMAN 3 Mataram yang terdiri dari 35 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) Matematika Semeter Genap Tahun Ajaran 2018/2019 untuk menentukan kemampuan matematika siswa dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis tertulis yang terdiri dari 4 soal berbentuk uraian. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan indikator komunikasi matematis tertulis, yaitu ekspresi matematika, menggambar, dan menulis. Permasalahn yang diberikan sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan dan total waktu yang diberikan untuk menjawab tes tersebut adalah selama 90 menit. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) jumlah siswa berkemampuan matematika tinggi adalah 19 siswa, berkemampuan sedang sebanyak 12 siswa, dan berkemampuan rendah sebanyak 4 siswa, (b) jumlah siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis baik adalah 11 siswa, berkemampuan komunikasi matematis tertulis cukup sebanyak 22 siswa, dan berkemampuan komunikasi matematis tertulis kurang sebanyak 2 siswa, (c) pada kemampuan matematika tinggi terdapat 8 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis baik, 10 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis cukup, dan 1 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis kurang; pada kemampuan matematika sedang terdapat 2 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis baik, 9 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis cukup, dan 1 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis kurang; dan pada kemampuan matematika rendah terdapat 1 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis baik dan 3 siswa berkemampuan komunikasi matematis tertulis cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komunikasi, komunikasi matematis, trigonometri, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 29 Jun 2020 01:52
Last Modified: 29 Jun 2020 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15956

Actions (login required)

View Item View Item