PENGARUH MODEL Resource Based Learning (RBL) DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMAN 3 KOTA MATARAM TAHUN 2022

TETI, APRIATI (2022) PENGARUH MODEL Resource Based Learning (RBL) DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X SMAN 3 KOTA MATARAM TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRPSI TETI APRIATI E1A017076 AGUSTUS 30 2022 FIKS JILID BUKU ASLI YUDISIUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui ipengaruh imodel iResource iBased iLearning i(RBL) idalam ipembelajaran iEkosistem idan iuntuk imengetahui ipengaruhnya iterhadap ihasil ibelajar ibiologi idi iSMAN i3 iMataram. iJenis ipenelitian iini idigunakan iadalah ipenelitian imengunakan ipendekatan ikuantitatif. iSampel ipenelitian iini iadalah isiswa ikelas iX iSMAN i3 iMataram iyang iberjumlah i32 isiswa iX iMIPA i1 iuntuk ikelas ikontrol idan i32 isiswa iX iMIPA i2 iuntuk ikelas iekperimen. iData ipenelitian idiperoleh idari iangket iketerlaksanaan iRPP idan ites ihasil ibelajar i(skor ipost-test) ipada imateri iekosistem. iHasil ianalisis idata imenunjukkan ibahwa itingkat iinterval iskor iangket iketerlaksanaan iRPP imodel iResource iBased iLearning i( iRBL) iItu isendiri iterlaksana i idan imenunjukan i100 i% i( isangat itinggi i) idan imodel ikonvesional imenunjukan iinterval iskor iyang iterlaksana i87,5% idan iyang itidak iterlaksana i12,5% i iserta itingkat ivaliditas isoal iranah ikongnitif itermaksud ikriteria isangat ivalid idan itingkat ireabilitas isoal iranah ikongnitif itermaksud ikriteria ireliebel. iHasil ianalisis idata idata ihasil ibelajar imenunjukkan ibahawa iterdapat iperbedaan inilai irata- rata ipost-test iantara ikelas iekperimen imelalui ipenerapan ipembelajaran imenggunakan imodel ipembelajaran iResource iBased iLearning i(RBL) idan ikelas ikontrol imelalui ipenerapan imodel ipembelajaran ikonvesional. iNilai irata-rata ipost-test idi ikelas ieksperimen i91,36, isedangkan inilai irata-rata ipost-test idi ikelas ikontrol iadalah i71,69. iNilai isignifikansi isampel ithitung i iyang idi iperoleh iadalah i0,532, inilai isignifikansi iyang idiperoleh ilebi ibesar idari i0,05 i iHo iditolak idan iH1 iditerima, iyang iberarti ipenggunaan imodel ipembelajaran iResource iBased iLearning i(RBL) iefektif iterhadap ihasil ibelajar ibiologi isiswa idi iSMAN i3 iMataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil ibelajar ibiologi, iResource iBased iLearnig, ipengaruh imodel ipembelajaran iRBL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:42
Last Modified: 07 Sep 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31578

Actions (login required)

View Item View Item