ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

RIZKA HUMAIDA, JULIANTANA (2022) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA HUMAIDA JULIANTANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes soal, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 39 orang, gaya belajar auditorial sebanyak 14 orang, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 14 orang. Subjek yang diambil dari setiap gaya belajar adalah masing-masing 2 orang, kemudian subjek diberikan tes uraian materi sistem persamaan linier tiga variabel dan dilakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dengan gaya belajar auditorial, sudah mampu melalui semua tahapan pemecahan masalah menurut Polya, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik sudah mampu melalui tahap memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, namun belum mampu mencapai tahap memeriksa kembali penyelesaian yang didapat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemecahan Masalah; Gaya Belajar; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:52
Last Modified: 21 Sep 2022 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item View Item