JUMI, ATI (2022) PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 18 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI Jumiati (E1E218074).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan strategi guided note taking berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 18 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasy Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes tulis. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posttest, kemudia setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan data posttest siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari pengujian uji-t (t-tes) diperoleh thitung 2,460 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% adalah 2,014. Maka diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,460 > 2,014 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi guided note taking berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara. Sedangkan hasil uji effect sizebesar pengaruh strategi guided note taking berbantuan media video terhadap hasil belajar matematika siswa yakni 0,88 berapa pada kriteria tinggi. Hal ini berarti bahwa strategi guided note taking berbantuan media video dapat diterapkan di kelas IV SDN 18 Cakranegara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Strategi Guided Note Taking, Media Video, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 05:35 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 05:35 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32031 |
Actions (login required)
View Item |