PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 18 CAKRANEGARA

JUMI, ATI (2022) PENGARUH STRATEGI GUIDED NOTE TAKING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 18 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Jumiati (E1E218074).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan strategi guided note taking berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 18 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasy Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes tulis. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posttest, kemudia setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan data posttest siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari pengujian uji-t (t-tes) diperoleh thitung 2,460 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% adalah 2,014. Maka diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,460 > 2,014 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi guided note taking berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 18 Cakranegara. Sedangkan hasil uji effect sizebesar pengaruh strategi guided note taking berbantuan media video terhadap hasil belajar matematika siswa yakni 0,88 berapa pada kriteria tinggi. Hal ini berarti bahwa strategi guided note taking berbantuan media video dapat diterapkan di kelas IV SDN 18 Cakranegara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Guided Note Taking, Media Video, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:35
Last Modified: 23 Sep 2022 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item View Item