PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 31 WOJA

KAR, TINI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 31 WOJA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kartini (E1E218075).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 31 Woja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kategori Quasy Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 31 Woja. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes tulis. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posttest, kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data posttest, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan data posttest siswa. Berdasarkan hasil analisis data dari pengujian uji-t (t-tes) diperoleh thitung 28,305 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% adalah 2,014. Maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,000 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 31 Woja. Sedangkan hasil uji N-Gain Kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar matematika siswa yakni 76.4 berapa pada kriteria tinggi. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI), dapat diterapkan di kelas V SDN 31 Woja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:35
Last Modified: 23 Sep 2022 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32033

Actions (login required)

View Item View Item