PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATERI LARUTAN ASAM BASA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 PUJUT

MUHAJENG WAHYU, INDRIANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATERI LARUTAN ASAM BASA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 PUJUT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhajeng Wahyu Indriani E1M016040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD terhadap keterampilan berpikir kreatif materi larutan asam basa pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pujut dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian adalah quasy experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri atas kelas XI IPA 1 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini berupa data keterampilan berpikir kreatif yang dikumpulkan dengan teknik tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelompok eskperimen sebesar 73,29 dan kelompok kelas kontrol sebesar 57,17. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,93 > ttabel 1,68 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:33
Last Modified: 04 Oct 2022 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32184

Actions (login required)

View Item View Item