PENGARUH STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SAKRA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

TITIN, SURYANI (2022) PENGARUH STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 SAKRA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Titin suryani_E1E018140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu persoalan. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah strategi Inquiring Minds Want To Know berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Sakra Selatan tahun pelajaran 2021/2022 (2) untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan strategi Inquiring Minds Want To Know . Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yaitu Quasi Experimental design tipe Nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Sakra Selatan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sejumlah 20 siswa dan kelas VB sejumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t-test dengan taraf signifikans 5%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 1,653 dan ttabel sebesar 1,686, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung<ttabel yang menyatakan bahwa H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh strategi Inquiring Minds Want To Know terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Sakra Selatan tahun pelajaran 2021/2022. Akan tetapi, pengaruh yang diberikan oleh strategi Inquiring Minds Want To Know terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS masih terbilang rendah atau kecil. Hal ini disebabkan oleh sulitnya menghilangkan atau meminimalisir kebiasaan siswa xv menggunakan strategi konvensional atau bisa dikatakan siswa di kelas eksperimen masih sulit menyesuikan diri dengan sintaks yang ada pada strategi Inquiring Minds Want To Know. Oleh karena itu, strategi Inquiring Minds Want To Know harus diterapkan dengan benar dan konsisten sesuai dengan keadaan siswa. Adapun aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran menggunakan strategi Inquiring Minds Want To Know sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kritis, Strategi Inquiring Minds Want To Know.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:53
Last Modified: 11 Oct 2022 03:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32255

Actions (login required)

View Item View Item