PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA LABUAPI LOMBOK BARAT

Nur, Fahmi (2022) PENERAPAN PERMAINAN KARTU HURUF UNTUK MENGEMBANGKAN BAHASA KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA LABUAPI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP nur fahmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan kartu huruf untuk mengembangkan bahasa keaksaraan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Labuapi Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yakni guru dan siswa dengan jumlah siswa 14 orang dan 1 orang guru. Pelaksanaan penerapan permainan kartu huruf yang semakin baik membuat perkembangan bahasa keaksaraan anak di setiap tahapnya meningkat dan menjadi lebih optimal. Pada hasil wawancara dan observasi menunjukan bahwa guru telah menerapkan permainan kartu huruf sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu dengan menetukan tema, menyiapkan media kartu huruf, mengenalkan huruf dan kata kepada anak, menyiapkan alat dan bahan, membagi anak kedalam beberapa kelompok, dan memberikan kegiatan kepada anak. Hal ini dikarenakan usaha guru yang sangat maksimal dalam menerapkan permainan kartu huruf dalam proses pembelajaran sehingga perkembangan bahasa keaksaraam anak semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lombok Barat, Permainan Kartu Huruf, TK Negeri Pembina.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:09
Last Modified: 12 Oct 2022 06:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

View Item View Item