PENGARUH METODE MEMBACA MANDIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 3 KAWO

ELA, ROSA (2022) PENGARUH METODE MEMBACA MANDIRI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN 3 KAWO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh metode membaca mandiri terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas V SDN 3 Kawo. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 30 siswa. Sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling dan sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Kawo. Metode pengumpulan data yang yang digunakan berupa tes tulis. Data hasil keterampilan menulis berupa post-test kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan uji kolmogrov-sminorv dengan taraf signifikan 5% (0.05) didapatkan data sebesar 0,109 dan 0.200 dapat dikatakan berdistribusi normal kemudian diuji homogenitas dengan leven’s test sebesar 0,109 > 0,05 sehingga varians hasil uji tersebut menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakam uji sample independen. Diperoleh t-hitung sebesar -3.623. Dari hasil analisis menggunakan uji Independent sampel t-tes diperoleh hasil nilai signifikansi 0,01 ≤ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode membaca mandiri terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas V SDN 3 Kawo.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan, Menulis, Metode, Membaca, Mandiri, Teks Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:59
Last Modified: 18 Oct 2022 08:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32329

Actions (login required)

View Item View Item