ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 LINGSAR

Awang Rizqi, Ubaidillah (2022) ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AWANG RIZQI UBAIDILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan pendidik, peserta didik, dan solusi dari pendidik terkait hambatan pelaksanaan blended learning di SMAN 1 Lingsar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan pada perencanaan pembelajaran berupa penggunaan metode dan media yang kurang bervariasi. Pada pelaksanaan pembelajaran berupa dalam kegiatan pendahuluan pendidik tidak memberikan apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran, dan dalam kegiatan inti tidak adanya tahap collaboration dan creativity karena keterbatasan waktu. Dan pada evaluasi pembelajaran berupa kurangnya kemampuan pendidik menggunakan teknologi, tidak semua peserta didik hadir saat pembelajaran, dan keterbatasan waktu. Selain hambatan yang dialami pendidik terdapat hambatan yang dialami oleh peserta didik meliputi turunnya pemahaman materi, rendahnya motivasi belajar, kurang variasinya metode dan media yang digunakan, dan turunnya keaktifan peserta didik. Solusi yang dilakukan oleh pendidik untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi; pemberian materi dengan metode tepat sesuai materi yang akan disampaikan ditambah penggunaan media yang menarik seperti video, powerpoint berharap peserta didik semangat dan mau memperhatikan arahan pendidik, mempelajari teknologi informasi, membuat modul, membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan selama pelaksanaan blended learning, serta membaca materi ketika waktu senggang. Dari pemaparan diatas terdapat hambatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Blended Learning, hambatan pendidik, hambatan peserta didik, pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:26
Last Modified: 27 Oct 2022 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32431

Actions (login required)

View Item View Item