PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI SMAN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Surah, man (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI SMAN 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Surahman_E1R018079_Pendidikan Matematika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini dianggap sebagai pelajaran yang tidak menyenangkan oleh sebagian siswa dan siswa jarang ikut aktif dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Narmada tahun pelajaran 2021/2022 dan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini Quasi Eksperimental Design dengan desain posttest only control design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang telah dirancang memenuhi kriteria valid dan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI pada materi turunan fungsi. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran baik dikelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan perlakuan yang berbeda dapat diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kooperatif tipe Jigsaw, kemampuan komunikasi matematis, Turunan fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:28
Last Modified: 27 Oct 2022 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32433

Actions (login required)

View Item View Item