PENERAPAN STORYTELLING DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA LOMBOK BARAT TAHUN 2022

AYU SEPTA, LIBRANANDA (2022) PENERAPAN STORYTELLING DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA LOMBOK BARAT TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYU SEPTA LIBRANANDA (E1F018008).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan storytelling dalam pengembangan keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Negeri Pembina Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yakni guru dan siswa dengan jumlah 15 orang. Pelaksanaan penerapan storytelling yang semakin baik membuat perkembangan keterampilan berbicara anak disetiap tahapnya meningkat dan menjadi lebih optimal. Pada hasil penerapan dan observasi menunjukan bahwa terbukti dengan penerapan metode Storytelling dapat mengembangkan keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Negeri Pembina Lombok Barat dan guru sudah menerapkan metode Storytelling sesuai dengan langkah- langkahnya. Perkembangan ini dapat terlihat dari tindakan yang digunakan sesuai dengan usia anak. kegiatan Storytelling sangat menyenangkan dan juga menarik minat dan antusias anak untuk mengikuti alur kegiatan . Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi perkembangan keterampilan berbicara anak kelompok A Di TK Negeri Pembina Lombok Barat yaitu dari 15 peserta didik , terdapat 14 orang anak dengan total skor 523 atau sebanyak 871,66% sudah berkembang sesuai harapan (BSH), 1 orang anak dengan total skor 28 atau sebanyak 47% sudah mulai berkembang (MB), serta tidak ditemukannya anak yang masuk ke dalam kategori belum berkembang (BB) dan berkembang sangat baik (BSB) pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Lombok Barat Tahun 2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penerapan storytelling, Keterampilan Berbicara, Kelompok A.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:15
Last Modified: 07 Nov 2022 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32616

Actions (login required)

View Item View Item