ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA SMAN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HUSNUL, KHOTIMAH (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA SMAN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Husnul Khotimah_E1R018030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Selong dalam menyelesaikan masalah Turunan Fungsi Aljabar ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Uji keabasahan data menggunakan uji kredibilitas, dependability, transferability dan konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor kesalahan peserta didik laki-laki sebesar 56 dengan persentase 45% sedangkan rata-rata skor kesalahan peserta didik perempuan sebesar 128 dengan persentase 42%. Penyebab peserta didik perempuan melakukan lebih banyak kesalahan adalah besarnya keraguan yang dimiliki dalam memilih metode untuk menyelesaikan masalah yang ada. Setelah menentukan metode penyelesaian, sering kali peserta didik perempuan kemudian melakukan kecerobohan dalam proses perhitungan karena tidak teliti dan terburu-buru. Sedangkan, rata-rata kesalahan penyelesaian masalah peserta didik laki-laki cenderung lebih rendah karena peserta didik lebih dapat meyakini metode atau penyelesaian yang telah dipilih meskipun belum teruji kebenarannya. Setelah melakukan analisis hasil tes kesalahan penyelesaian masalah turunan fungsi aljabar berdasarkan kategori kesalahan Newman, pada peserta didik laki-laki diperoleh persentase kesalahan tertinggi yaitu pada kategori kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding errors/E) dengan persentase 63% dan kesalahan terendah pada kategori kesalahan membaca (Reading errors/R) dengan persentase sebesar 27%. Sementara itu, setelah melakukan analisis hasil tes kesalahan penyelesaian masalah turunan fungsi aljabar berdasarkan kategori kesalahan Newman untuk skor kesalahan peserta didik perempuan diperoleh data bahwa kategori kesalahan tertinggi yaitu kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding errors/E) dengan persentase sebesar 72% sedangkan kesalahan paling rendah diperoleh pada kategori kesalahan membaca (Reading errors/R) dengan persentase sebesar 14%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesalahan, masalah matematika, tahapan Newman, perbedaan jenis kelamin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33007

Actions (login required)

View Item View Item