PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

FIT, RIA (2022) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA (E1S018018, PENDIDIKAN SOSIOLOGI, FKIP).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis, ada atau tidaknya pengaruh model blended learning terhadap kemandirian belajar, dan ada atau tidaknya pengaruh interaksi model dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif untuk jenis penelitian eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Mataram dan teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 masing- masing berjumlah 20 orang siswa serta rancangan penelitian dengan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berbentuk uraian yang sudah memenuhi uji persyaratan penelitian dengan menggunakan bantuan SPSS 26‟ Versi Windows. Teknik pengambilan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan teknik analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis, dengan rata- rata kelas eksperimen xviii (XI IPS 4) yaitu 83,90 dan kelas kontrol (XI IPS 2) yaitu 46,95 ; 2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; 3) terdapat pengaruh model dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Blended Learning, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:55
Last Modified: 16 Nov 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item View Item