DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELOMPOK B DI PAUD NEGERI KECAMATAN PALIBELO TAHUN 2022

HIDAYATUS, SOALIHAH (2022) DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELOMPOK B DI PAUD NEGERI KECAMATAN PALIBELO TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan semua aspek perkembangan yang dimiliki anak. Salah satunya adalah perkembangan bahasa di dalamnya mencakup kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi anak kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di TK Negeri Pembina selama bulan April tahun 2022. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi anak kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo sudah berkembang sesuai harapan. Artinya literasi dini anak sudah mampu memahamai bahasa lisan, berkomunikasi dengan baik, mengerti bahasa yang disampaikan guru. Kemampuan literasi dasar anak sudah mampu mendengarkan dengan baik tentang materi alam semesta, anak mampu berbicara dengan lancar, anak sudah mampu membaca beberapa kata, menulis nama sendiri, menulis kata. Anak mampu membedakan buku bacaan dan memanfaatkan literasi perpustakaan. Anak sudah mengetahui dan memahami manfaat literasi media. Anak mampu mampu memanfaatkan literasi teknologi. Anak mampu memahami manfaat literasi visual.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan literasi, Kelompok B, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:27
Last Modified: 16 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33119

Actions (login required)

View Item View Item