DewiSri, Matovani (2022) PENGARUHMODELPEMBELAJARANSOLE(SELFORGANIZEDL EARNINGENVIRONMENT)MENGGUNAKAN MEDIAQUIZIZTERHADAPPEMAHAMANKONSEPPADA MATAPELAJARANIPAKELASV. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
DEWI SRI MATOVANI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
TujuanpenelitianiniuntukmengetahuiapakahadapengaruhpenerapanmodelpembelajaranSOLE(Self Organized LearningEnvironment)menggunakanmediaQuizizzterhadappemahaman konseppadamatapelajaranIPAbagisiswakelasV.Penelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatifjenis Quasi Experimental, metode penelitian eksperimen menurut Sugiyono (2009:107) dapat diartikansebagai “metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadapyang lain dalam kondisi yang dikendalikan”.Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes,yangdimanamemperolehhasilnilaipre- testpadakelaseksperimen60,5dankelaskontrol67,0danpost-test pada kelas eksperimen 84,0 dan kelas kontrol yaitu 78,5. Dari hasil penelitian eksperimeninidenganmenerapkanmodelpembelajaranSOLEmenggunakanmediaQuizizzterhadappe mahamankonsepIPAkelasVdiSDN44Ampenan.Bahwaadanyapengaruhpenggunaanmodelpembelaj aranSOLEmenggunakanmedia Quizizz terhadappemahamankonsepIPA.Dimanaanalisis uji t dilakukan pada bab sebelumnya menggunakan t-test. Nilai yang diperoleh dari hasil t- hitungkemudiandibandingkandengannilaidarit-tabeldengantarafsignifikan5%denganketentuan sebagai berikut: jika t-hitung < t-tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Hasil t- testdiperolehnilai1.463>2,024padatarafsignifikan5%,makaHoditolakdanHaditerima.Sehinggaada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran SOLE (Self Organized LearningEnvironment) menggunakan media Quizizz terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPAbagisiswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | ModelPembelajaranSOLE,MediaQuizizz,PemahamanKonsepIPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 23:25 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 23:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33178 |
Actions (login required)
View Item |