STRATEGI GURU PPKn DALAM MENUBUHKEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS XI DI SMKN 3 MATARAM

NURMALA, SARI (2022) STRATEGI GURU PPKn DALAM MENUBUHKEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS XI DI SMKN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURMALASARI (E1B016042).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya pendidikan karakter, salah satunya karakter disiplin. SMKN 3 Mataram merupakan sekolah menengah kejuruan yang berusaha mencetak lulusan yang siap kerja dan bersaing dalam dunia kerja. Siswa dibekali dengan berbagai keahlian yang sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini. Dalam dunia kerja kita harus memiliki etos kerja, didalam etos kerja salah satunya yang diperlukan adalah sikap disiplin. Oleh Karena itu disiplin sangat penting diterapkan dan dibutuhkan oleh setiap siswa. Dengan demikian, strategi guru PPKn dalam menumbuhkembangkan karakter disiplin siswa menjadi sangat penting untuk dimaksimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn, faktor-faktor apa saja yang dihadapi guru dalam menumbuhkembangkan karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomonologis, dengan validitas data dilakukan melalui informan penelitian, guru PPKn, kepala sekolah dan para siswa di SMKN 3 Mataram yang ditentukan secara porpusive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, proses yang dilakukan adalah menganalisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru PPKn dalam menumbuhkembangkan karakter disiplin siswa dilakukan melaui 1) eteladanan, 2) pembiasaan, 3) pemberian reward dan hukuman. Sedangkan factor-faktor yang dihadapi guru PPKn meliputi 1) faktor internal terdiri dari:kurangya kesdaran diri,dalam diri siswa., dan 2) faktor eksternal terdiri dari lingkungan sekolah, ligkungan keluarga, dan dukungan dari guru lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi, Guru PPKn, Karakter Disiplin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:22
Last Modified: 18 Nov 2022 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33249

Actions (login required)

View Item View Item