A N A L I SI S KE SA L A H A N D A L A M M E N Y E L E S A I K A N S O A L I N T E G R A L T A K T E N T U D E N G A N M E T O D E NEWMAN DITINJAU DARI KATEGORI KEMAMPUAN SISWAKELAS XII IPS 1 SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

ARENA, IRIANI (2022) A N A L I SI S KE SA L A H A N D A L A M M E N Y E L E S A I K A N S O A L I N T E G R A L T A K T E N T U D E N G A N M E T O D E NEWMAN DITINJAU DARI KATEGORI KEMAMPUAN SISWAKELAS XII IPS 1 SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARENA IRIANI (E1R118006) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan dalam menyelesaikan soal integral taktentu fungsi aljabar berdasarkan prosedur Newman ditinjau dari kategori kemampuan matematis. Jenis penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XII IPS 1 SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan pada tahap process skill dikarenakan kurangnya pemberian latihan soal menggunakan metode parsial. (2) Siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap transformation dikarenakan keliru mensubstitusikan nilai yang didapatkan pada tahap permisalan, kesalahan pada tahap process skill karena tidak bisa melakukan penyederhanaan terhadap suku yang memuat variabel x. (3) Siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap reading karena tidak tahu penyebutan lambang " ∫ ”, kesalahan pada tahap comprehension karena tidak memahami perintah soal, kesalahan pada tahap process skill karena tidak bisa mengoperasikan pecahan. (4) Siswa berkemampuan sangat rendah melakukan kesalahan pada tahap reading karena tidak bisa membaca lambang " ∫ ”, kesalahan pada tahap comprehension karena tidak paham makna dy serta tidak paham dalam menentukan suku yang akan dimisalkan, kesalahan pada tahap transformation dikarenakan tidak dapat mengubah bentuk soal agar sesuai dengan rumus metode substitusi dan parsial serta kesalahan pada tahap process skill karena tidak memahami langkah-langkah metode substitusi dan parsial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan; prosedur Newman; integral tak tentu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:27
Last Modified: 22 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33297

Actions (login required)

View Item View Item