DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH BENTUK ALJABAR DI KELAS VII MTs AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN AJARAN 2021/2022

Iqrimi, Ziarati (2022) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH BENTUK ALJABAR DI KELAS VII MTs AL-AZIZIYAH PUTRA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Iqrimi Ziarati_E1R116019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah bentuk aljabar di kelas VII MTs Al-Aziziyah Putra tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Jumlah subjek kategori tinggi yaitu 2 orang siswa dengan persentase 7,70% menunjukkan pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi dapat menyatakan permasalahan dengan tepat dan lengkap (2) Jumlah subjek kategori sedang yaitu 6 orang siswa dengan persentase 23,07% menunjukkan pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi dapat menyatakan permasalahan dengan lengkap tetapi kurang tepat (3) Jumlah subjek kategori rendah yaitu 8 orang siswa dengan persentase 30,77% menunjukkan pada indikator interpretasi, analisis siswa dapat menyatakan permasalahan tetapi kurang tepat, pada evaluasi dan inferensi siswa tidak dapat menyatakan permasalahan (4) Jumlah subjek kategori sangat rendah yaitu 10 orang siswa dengan persentase 38,46% menunjukkan pada indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi tidak tepat dan lengkap dalam menyelesaikan permasalahan. Hasil penelitian berpikir kritis siswa dengan nilai persentase sebesar 48,11%. Nilai persentase tersebut diperoleh dari indikator interpretasi dengan tingkat kecapaian persentase tinggi yaitu 75,7%, indikator analisis dengan tingkat kecapaian persentase sedang yaitu 60%, indikator evaluasi dengan tingkat kecapaian persentase rendah yaitu 30,12% dan indikator inferensi dengan tingkat kecapaian persentase sangat rendah yaitu 26,60%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir Kritis; Pemecahan Masalah; Bentuk Aljabar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:09
Last Modified: 23 Nov 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33310

Actions (login required)

View Item View Item