ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH BENTUK ALJABAR DI SMPN 4 TANJUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

Rosfita, Karolina (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH BENTUK ALJABAR DI SMPN 4 TANJUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rosfita Karolina_E1R116033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis dalam penyelesaian masalah bentuk aljabar ditinjau dari tingkat kemampuan siswa di SMPN 4 Tanjung Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yang digunakan sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis tes siswa, diperoleh, jumlah subjek dengan kategori tinggi sebanyak 6 orang siswa atau 76,85%, jumlah subjek dengan kategori sedang sebanyak 9 orang siswa atau 56,83%, Selanjutnya, jumlah subjek pada kategori rendah sebanyak 12 orang siswa atau 26,38%. Secara umum dari hasil tes siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi telah mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis. Siswa dengan kemampuan representasi matematis sedang belum mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis secara keseluruhan. Sebab sebagian besar siswa dengan kemampuan representasi sedang masih salah dalam menyajikan sajian dari ketiga indikator representasi matematis yaitu visual, simbolik dan verbal. Siswa dengan kemampuan representasi rendah belum mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis dengan baik. Siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah masih jauh dari kata mampu dalam mencapai indikator representasi matematis. Penelitian ini mengenai kemampuan representasi matematis ini menggunakan 3 indikator yaitu representasi visual atau gambar, simbolik atau ekspresi dan verbal atau kata – kata teks tertulis untuk selanjutnya disarankan mengembangkan dengan melihat kemampuan representasi lainnya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Representasi Matematis; penyelesaian masalah; bentuk aljabar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2022 02:09
Last Modified: 23 Nov 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item View Item