PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN 1 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NI KETUT SANTI, RAHAYU (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN 1 TERONG TAWAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NI KETUT SANTI RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran round table berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen). Desain penelitian ini menggunakan Repeated Treatment. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, samplenya adalah kelas IVB SDN 1 Terong Tawah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tulis menulis karangan narasi, dan dokumentasi. Data hasil menulis karangan narasi berupa pretest, posttest 1, posttest 2, dan posttest 3. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus anova repated measure untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran round table berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa. Berdasarkan hasil uji anova repated measure diperoleh angka signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran round table berbantuan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Round Table, Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Karangan Narasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:11
Last Modified: 01 Dec 2022 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33525

Actions (login required)

View Item View Item