PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA POKOK BAHASAN KIMIA UNSUR KELAS XII MIPA

DEA NANDA, SARI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI PADA POKOK BAHASAN KIMIA UNSUR KELAS XII MIPA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEA NANDA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Validitas dari media Prezi berbasis peta konsep pada materi kimia unsur kelas XII MIPA yang dikembangkan. (2) Kepraktisan dari media Prezi berbasis peta konsep pada materi kimia unsur kelas XII MIPA yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah 4D (define, design, develop, dissemination). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Utan dengan sampel sebanyak 20 orang yang kemudian dijadikan responden untuk uji coba terbatas terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,82 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media Prezi berbasis peta konsep yang dikembangkan dapat dilihat dari respon siswa dengan rata-rata kepraktisan sebesar 82,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media Prezi berbasis peta konsep sebagai media belajar mandiri pada materi kimia unsur kelas XII MIPA yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran mandiri karena telah memenuhi kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan, media Prezi, peta konsep, kimia unsur, mandiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:38
Last Modified: 06 Dec 2022 03:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33628

Actions (login required)

View Item View Item