HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA KREATIVITAS BELAJAR DESA MAMBEN DAYA TAHUN Diajukan Untuk Memenuhi PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DI DESA MAMBEN DAYA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

M.SAPRIAL WIDI, ANUGRAH (2022) HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA KREATIVITAS BELAJAR DESA MAMBEN DAYA TAHUN Diajukan Untuk Memenuhi PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV DI DESA MAMBEN DAYA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (M. SAPRIAL WIDI ANUGRAH ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar orang tua terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV di SDN Desa Mamben Daya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022.Penelitian ini dapat diklasifikasikan ke dalam penelitian korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV dari lima SDN di Mamben Daya berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik ini digunakan melalui dau tahap, yaitu tahap pertama menentukan sampel daerah (cluster), dan tahap berikutnya menentukan orang-orang yang ada pada daerah itu scara sampling juga.Ditentukan sebanyak tiga sekolah sebagai sampel berjumlah 63 siswa. Hasil analisis data bimbingan belajar orang tua menunjukkan kategori cukup baik dengan rata-rata 60,4444 yang memiliki frekuensi paling banyak. Untuk kreativitas belajar siswa menunjukkan kategori cukup baik dengan rata-rata 74,7460 yang memiliki frekuensi paling banyak. Hasil pengujian regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel bimbingan belajar orang tua berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa yang dibuktikan oleh nilai t hitung = 9,208 denganSig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan koefisien determinasi diproleh R Square sebesar 0,582 atau 58,2%. Artinya dapat diketahui bahwa variabel bimbingan belajar orang tua memiliki pengaruh sebesar 58,2% terhadap kreativitas belajar siswa, sisanya 41,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kesimpulannya, terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap kreativitas belajar siswa kelas IV di SDN Mamben Daya Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bimbingan, Kreativitas, Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:19
Last Modified: 08 Dec 2022 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33648

Actions (login required)

View Item View Item