PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

NINING FITRIA, RAMADANI (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINING FITRIA RAMADANI (E1R015046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII di SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Pada penelitian ini menggunakan metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Metode ex- post facto merupakan penyelidikan empiris yang sistematis dimana ilmuwan tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena eksistensi dari variabel tersebut telah terjadi, atau karena variabel tersebut pada dasarnya tidak dapat dimanipulasi. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Proportionate purposive sampling dengan mengambil perwakilan dari tiap-tiap kelas untuk dijadikan sampel penelitian. Sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 78 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket perhatian orang tua dan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa perhatian orang tua yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terdapat pada indikator ke 2 yaitu mengawasi proses belajar anak dengan kategori tinggi dengan presentase sebesar 64 % , sedangkan indikator lain seperti menjaga kesehatan tubuh anak, memenuhi kebutuhan belajar anak, memperhatikan hasil belajar anak, membimbing dan menasehati anak, memberikan penghargaan dan hukuman, serta memotivasi anak dalam meraih cita-cita berada pada kategori sedang dan rendah. Terlihat pula pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022, dengan besar pengaruh sebanyak 15,32%, sedangkan sisanya berasal dari faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh, Pehatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Dec 2022 23:12
Last Modified: 12 Dec 2022 23:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33721

Actions (login required)

View Item View Item