Relevansi Program Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja : Studi pada alumni Magister Ilmu Ekonomi FEB Unram

Himawan, Sutanto (2021) Relevansi Program Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja : Studi pada alumni Magister Ilmu Ekonomi FEB Unram. Relevansi Program Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja : Studi pada alumni Magister Ilmu Ekonomi FEB Unram, 3 (1). pp. 10-16. ISSN ISSN : 2655-6944

[img]
Preview
Text
ELASTISITAS Vol 3 No 1 Maret 2021.pdf

Download (645kB) | Preview
Official URL: http://elastisitas.unram.ac.id/index.php/elastisit...

Abstract

Penelitian tracer study ini bermaksud untuk menganalisis tingkat relevansi antara program pendidikan yang diselenggarakan oleh alumni Program Studi Magister Ilmu Ekonomi (MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram (FEB Unram) dengan kebutuhan lapangan. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan berbagai informasi penting, antara lain kebutuhan riil yang diperlukan dunia kerja, kekurangan yang dimiliki lulusan, kelemahan kurikulum yang selama ini digunakan, dan harapan alumni terhadap Prodi MIE FEB Unram terkait dengan penyelenggaraan pendidikan ke depan. Penelitian ini menemukan bahwa alumni MIE FEB Unram tersebar di berbagai instansi baik negeri maupun swasta. Beberapa diantaranya juga menjalankan usaha sendiri. Bidang pekerjaan yang digeluti oleh para alumni MIE FEB Unram adalah dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan jasa. Kurikulum pada Prodi MIE FEB Unram sudah sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Akan tetapi masih perlu ditingkatkan lagi dengan penambahan materi-materi yang bisa menunjang pekerjaan antara lain kemampuan menulis ilmiah, ketrampilan berbahasa asing dan kemampuan analisis perencanaan pembangunan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Tracer study, alumni, kurikulum
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Drs Himawan Sutanto MM
Date Deposited: 18 Dec 2022 08:08
Last Modified: 18 Dec 2022 08:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item View Item