KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ZULFA, WAHUSNA (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 TALIWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZULFA WAHUSNAA 2 (E1R017067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah teorema pythagoras ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Taliwang, dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 dan VIII-7 SMPN 1 Taliwang tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri atas 59 siswa yang kemudian diberikan angket gaya belajar sehingga diperoleh dua subjek siswa dengan gaya belajar visual, dua siswa dengan gaya belajar auditorial dan dua siswa dengan gaya belajar kinestetik yang kemudian diberikan tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori cukup kreatif, dengan memenuhi indikator kefasihan dan fleksibilitas dengan persentase berturut-turut sebesar dan 50% tetapi belum mampu memenuhi indikator kebaruan dengan persentase . Subjek dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berada pada kategori cukup kreatif, dengan memenuhi indikator fleksibilitas dan kefasihan dengan persentase berturut-turut sebesar dan 79% dan belum mampu memenuhi indikator kebaruan dengan persentase . Subjek dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori kurang kreatif, dengan memenuhi indikator kefasihan dengan persentase sebesar 100%, dan belum mampu memenuhi indikator fleksibilitas dengan persentase sebesar 0%, dan indikator kebaruan dengan persentase sebesar .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir Kreatif; Gaya Belajar; Visual; Auditorial; Kinestetik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:53
Last Modified: 21 Dec 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33936

Actions (login required)

View Item View Item