NOVA PUTRI, AMELIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI KIMIA RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_NOVA PUTRI AMELIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berorientasi kimia ramah lingkungan terhadap literasi lingkungan siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan menggunakan pre-test post-test non equivalen control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram kemudian diambil dua kelas sebagai sampel dengan metode simple random sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggukan pembelajaran berbasis masalah berorientasi kimia ramah lingkungan sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara n-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari pembelajaran berbasis masalah berorientasi kimia ramah lingkungan terhadap literasi lingkungan siswa SMA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran berbasis masalah, Kimia ramah lingkungan, Literasi lingkungan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 00:33 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 00:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33986 |
Actions (login required)
View Item |