AYU, ROSANTI (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA KELAS II DI SDN 3 PRINGGAJURANG. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi Ayu Rosanti..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan belajar matematika di kelas II materi penjumlahan dan pengurangan di SDN 3 pringgajurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,wawancara dan dokumntasi. Analisis data menggunakan analisis data berdasarkan Mettew dan Michael yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan guru kelas 2 di SDN 3 pringgajurang. Setelah dilakukan tes kepada 13 siswa ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam materi penjumlahan dan pengurangan Siswa yang mengalami kesulitan berjumlah 4 siswa dari 13 siswa yang melakukan tes. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa kelas 2 yang mengalami kesulitan pada materi penjumlahan dan pengurangan. Kesulitan yang di alami siswa yaitu : (1) Siswa kesulitan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan ; (2) Siswa sering melakukan kesalahan dalam menulis angka ; (3) Siswa tidak lancar dalam membaca ; (4) Siswa sering melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan karena kurang teliti ; ( 5) Siswa kesulitan dalam mengenal nilai tempat pada soal penjumlahan dan pengurangan bersusun ; (6) Siswa kesulitan melakukan penjumlahan dan pengurangan bersusun sesuai dengan langkah-langkah yang sesuai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kesulitan Belajar, Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 07:54 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 07:54 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/34016 |
Actions (login required)
View Item |